Pratinjau

3 Nov 2012

peralatan indoboor

alat-alat yang digunakan oleh Indoboor
Gambar disamping adalah gambar dari mata bor. mata bor inilah yang berada di titik paling ujung pipa pengeboran yang mampu menghancurkan batu sehingga lapisan air yang berada di bawah lapisan batu bisa diperoleh yang memiliki kualitas air yang baik. selain mata bor tersebut pekerjaan di bidang pengeboran sering menggunakan mata bor berupa intan yang sering digunakan dalam pengeboran minyak. unsur unsur yang membentuk intan merupakan yang terkuat sehingga sanggat cocok dalam bidang pengeboran minyak.


Gambar di samping di sebut Gear box. alat ini yang digunakan sebagai tumpuan untuk memberikan tenaga serta dorongan dalam pengeboran, memutar pipa(driling),mengangkat pipa, dan sirkulasi air.
diperlukan perhitungan yang tepat tentang tenaga yang diperlukan saat memutar pipa karena jika kurang tenaga maka tidak dapat menghancurkan batu, jika terlalu besar maka dapat berdampak pada dinamo yang cepat panas dan terbakar.




Pipa besi yang digunakan sepanjang 3,10m berdiameter 2 inci, harus memiliki ketebalan yang cukup sehingga pada saat melakukan pengeboran dan terkena batu dia tidak patah ataupun bengkok. 









box kontrol digunakan untuk menaikan, menurunkan, memutar gearbox pada saat melakukan pengeboran. dilakukan oleh operator mesin yang daya listriknya diperoleh dari diesel.
secara garis besar, teknik pengeboran ini menyerupai teknik yang digunakan dalam pengeboran minyak.namun dengan skala yang lebih kecil dan proposional.

No comments :