Pratinjau

27 Nov 2012

bahaya melakukan penggalian tanah manual


sumur manual

sumur timba seperti gambar disamping mungkin di kawasan perkotaan sudah tidak menggunakan sumur timba tersebut. namun di daerah perdesaan. penggunaan sumur timba seperti ini masih banyak digunakan atau bahkan mayoritas perumahan di pedesaan masih menggunakan sumur tersebut.
namun dalam pembuatan sumur seperti ini memiliki resiko atau bahaya yang sangat tinggi.

pada saat melakukan penggalian, orang tersebut yang masuk kedalam tanah untuk mengangkat material(tidak menggunakan mesin), hal ini dapat mengakibatkan orang tersebut keracunan udara yang terdapat didalam tanah atau kehabisan oksigen yang dapat mengakibatkan kematian. seperti yang terjadi beberapa waktu lalu yang diberitakan bahwa pekerja gali sumur meninggal akibat keracunan udara. selain itu banyak berita anak-anak kecil yang tercebur kedalam sumur yang bahkan sampai mengakibatkan kematian.

penggunaan sumur timba sebaiknya sedikit-demi sedikit ditinggalkan dengan mempertimbangkan untuk membuatnya memiliki resiko yang tinggi untuk pekerja penggali sumur serta sangat berbahaya jika terdapat anak kecil.

pemerintah perlu memperhatikan hal ini, sebab penggunaan sumur seperti ini sudah tidak manusiawi serta dapat menimbulkan resiko yang tinggi.

pemerintah perlu memberikan bantuan kepada masyarat seperti memberikan pelatihan ketrampilan kepada tukang gali sumur timba, memberikan bantuan barang modal seperti mesin bor yang ditujukan kepada masyarakat pedesaan agar lebih maju dan berkembang. sebab penggunaan air rumah tangga yang efektif dapat memberikan dampak positif yang berlipat untuk lingkungan sekitar. sebab air merupakan kebutuhan vital manusia.

No comments :