Pratinjau

30 Oct 2012

konsumsi listrik pada pompa air

            Secara garis besar, pompa rumah tangga diklasifikasikan menjadi dua yaitu jet pump dan non jet pump. Jet pump biasanya dirancang untuk memompa air dari kedalaman yang lebih dari 15 m dari permukaan tanah (biasanya di musim kemarau), sedangkan yang non jet pump untuk menarik air dari kedalaman kurang dari 10 m .  Oleh karena itu pada umumnya  daya pompa jet (jet pump) lebih besar dibanding non jet pump. 

Kalau kita mau membeli pompa, selain ditanya untuk kedalaman air berapa meter dari muka tanah, pasti kita juga ditanya oleh penjualnya, yang berapa Watt pak/bu/mas? Tentu pertanyaan kita ganti adalah Watt apakah itu? Listrik yang dikonsumsi atau yang lain?
pompa air
            Kami pernah meneliti beberapa merk pompa rumah tangga yang non jet pump (tentunya juga berlaku bagi pompa jet pump) untuk mengetahui berapa serapan daya listriknya dan kemudian membandingkannya dengan yang tertera di lebel pompa. Hasil pengukuran kami menyimpulkan bahwa serapan listriknya secara umum sekitar 2 (dua) kali Watt yang tercantum di lebel pompa. Jadi misalkan kita beli pompa 250 W, berarti konsumsi listriknya sekitar 500 W. Ini artinya bahwa yang tercantum dalam lebel pompa bukan menunjukkan daya listrik yang diserap pompa. Lalu daya apa yang dicantumkan tersebut. Hasil perhitungan berdasarkan penelitian tersebut menunjukkan bahwa daya yang tercantum dalam lebel pompa adalah daya fluidanya. Maksudnya adalah daya yang dimiliki oleh air yang dipompa tersebut yang proporsional terhadap hasil perkalian antara laju aliran (misalnya liter/menit) dengan beda tekanan antara sisi keluar dan masuk pompa (biasanya disebut head pompa yang bersatuan mH2O). Daya listrik yang diserap tentunya lebih besar dari daya fluida ini karena adanya rugi-rugi baik di dalam pompa maupun motor penggeraknya. Rugi-rugi ini pada umumnya hamper sama dengan Watt yang tercantum di lebel pompa, sehingga serapan listriknya menjadi 2 kali lipat.
            Betapa pintarnya para penjual pompa tersebut dalam memasarkan produknya sehingga apabila kita tidak tahu pasti bayangan kita Watt yang tercantum dalam lebel pompa sama dengan daya listrik yang akan diserap. Pantas saja kadang-kadang listrik yang tersedia di rumah tidak cukup bila secara serentak terpakai oleh lampu, kulkas, pompa, AC, microwave, setrika, dan lain-lain. Nah….di jaman kita harus hemat listrik saat ini, milih pompapun harus hati-hati kan?
sumber: prihadisetyo.wordpress.com

No comments :