Pratinjau

13 Nov 2014

Tantangan untuk menjadi poros maritim dunia

indonesia negara maritim terbesar di dunia. sektor kelautan bisa menghasilkan seperempat APBN setara lima ratus triliun. namun belum dikelola dengan baik dan optimal. harus dibangun armada dan keterampilan serta sentra industri pengolahan dan perdagangan berbasis komunitas kelautan di sedikitnya sepuluh wilayah (zona) maritim. 
selain itu ada beberapa tantangan dalam mewujudkan indonesia sebagai poros maritim dunia.
 1.nasional security council(dewan keamanan nasional) yaitu Menurut UU, kewenangan, fungsi, dan bidang cakupan DPN menjadi terbatas di bidang pertahanan negara saja. Pasal 15 Ayat 2 menyebutkan, DPN hanya "berfungsi sebagai penasihat Presiden dalam menetapkan kebijakan umum pertahanan dan pengerahan segenap komponen pertahanan negara". yaitu tujuannya membahas berbagai persoalan keamanan nasional (termasuk kebijakan luar negeri) dengan para anggota kabinet dan penasihat presiden di bidang keamanan. Fungsi utama NSC adalah memberi masukan dan membantu presiden dalam merumuskan dan menjalankan kebijakan di bidang keamanan nasional dan luar negeri. NSC juga berperan sebagai tangan utama presiden (presidents principal arm) dalam mengoordinasikan kebijakan-kebijakan yang berkait dengan keamanan nasional di antara lembaga-lembaga pemerintahan terkait. hal ini berkaitan dengan keamanan kelautan yang hingga saat ini diberitakan bahwan ratusan triliun sumber daya laut telah di curi dan diseludupakan setiap tahunnya.

2.efektifitas dan efisiensi anggaran di 13 departemen yang bermain di laut kita. Jangan sampai 13 departemen ini berebut anggaran, mementingkan ego masing-masing. masih ada tumpang tindih peraturan antar departemen dan lembaga negara, pemerintah daerah, serta ego masing-masing departemen sehingga kebijakan cenderung tidak berjalan efektif di lapangan.

kepemimpinan yang tegas dan berani di perlukan untuk mengatur semua ini. semoga dengan rencana besar pemipn kita mampu membawa bangsa ini kembali berjaya menjadi poros maritim dunia.

nb:pembaca dapat menambahkan ide/pemikiran dalam artikel ini. terima kasih.

12 Nov 2014

Poros Maritim Dunia(Cita-cita maritim Indonesia)

sumber foto:pemudamaritim.com
Indonesia sebagai Negara Kesatuan yang terdiri dari ribuan pulau, haruslah tetap dijaga sebagai SATU KEUTUHAN yang bulat. Tidak ada jalan lain untuk menjaga keutuhan NKRI melainkan dengan mewujudkan ketahanan Indonesia di bidang Maritim.
ketahanan maritim dapat menangkal pihak asing untuk berbuat macam-macam dengan maritim indonesia.
beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengwujudkan cita-cita maritim Indonesia agar menjadi poros maritim dunia.
1. peningkatan ketahanan wilayah laut indonesia
peningkatan patroli laut, armada angkatan laut, pembangunan Sumber daya manusia maritim yang tangguh, meningkatkan kualitas dan kuantitas alat utama sistem pertahanan (alutsista) dan alat-alat penunjang lainnya, peningkatan teknologi ketahanan baik darat, udara maupun laut,  hal ini digunakan agar pihak asing tidak menggangu kedaulatan laut indonesia serta memilimalisir pencurian ikan.

2. "menyatukan" pulau- pulau Indonesia.
perbaikan akses pelayaran, pembangunan pelabuhan, pembangunan galangan kapal yang tangguh, tol laut, konsep yang dicanangkan presiden jokowi yaitu integrasi sistem logistik laut dan darat dengan menggabungkan rute berlayar kapal dengan jaringan rel kereta api,

3. memaksimalkan perdagangan internasional
pengaturan bea, perpajakan, pengaturan perjanjian perdagangan internasional yang lebih baik, penerapan, memanfaatkan secara maksimal letak geografis indonesia sebagai jalur perdagangan internasional. dan sebagainya

4. peningkatan anggaran
pembangunan tentu membutuhkan anggaran, anggaran yang yang sangat besar sangat dibutuhkan untuk membangun maritim indonesia, namun bukan tidak mungkin karena potensi sumber daya indonesia juga sangat besar sehingga bukan tak mungkin, melainkan kemauan pemangku kebijakan dan mental sumber daya manusia nya.

5. perlindungan nelayan kecil
subsidi solar, kredit lunak, pelatihan ketrampilan dan sebagainya.

secara garis besar cita-cita yang dicanangkan oleh presiden jokowi ialah Indonesia menjadi jaya dan mandiri dalam kelautan yang membawa kesejahteraan untuk bangsa..

Sejarah Maritim Indonesia


Sejarah mencatat bahwa bangsa indonesia merupakan bangsa yang di bangun dari kekuatan maritim. Kita dapat melihat kekuatan kerajaan seperti Sriwijaya dan Majapahit, mereka mampu menguasai kawasan Asia Tenggara . Fakta tersebut tidak terbantahkan hingga kini. Keliru jika bangsa ini tidak belajar dari sejarah untuk kembali menjadi bangsa yang besar dan disegani.

Bukti kebesaran bangsa indonesia sebagai negra maritim yang kuat terletak pada kekuatan wilayah pesisir dan laut. Hal ini didukung dengan kekuatan kerajaan yang memiliki armada laut mempunyai kekuatan yang sangat besar di bandingkan dengan kerajaan yang terletak di pedalaman. Kekuatan bangsa indonesia sebagai bangsa maritim dapat terlihat dengan adanya lukisan perahu dalam gua di sulawesi. Kehebatan pelaut-pelaut indonesia dibuktikan dengan adanya perubahan kebudayaan yang tadinya berorientasi kepada daratan kemudian memiliki kemampuan berlayar.

Kekuatan maritim bangsa Indonesia sejak dahulu sudah tidak diragukan lagi . Itu dibuktikan dengan adanya pelabuhan dan syahbandar. Bisa dikatakan karakter maritim indonesia sudah kuat jauh sebelum eropa. Namun, sayang nenek moyang kita tidak mencatatnya wal hasil di klaim negra lain. Jadi wajar nampaknya jika bangsa eropa melakukan penjajahan kenegara-negara yang berada di sekitar asia karena ternyata banga eropa tidak memiliki hasil alam di negaranya.

Tanah emas sumber kehidupan baru itu adalah Asia. Kondisi yang sangat bebeda jauh dengan negara eropa. Bumi khatulistiwa sejak dahulu terkenal tentram dan makmur. Tidak ada tantangan berat karena meiliki segala sumber daya alam dari bumi. Namun, hal tersebutlah yang ternyata membuat bangsa asia lengah sehingga berfikir menjadi bangsa juragan alias bangsa yang besar bak seorang anak raja yang hidup dalam kemewahan.

Dengan berbagai bukti sejarah yang ada pantas jika bangsa indonesia seharusnya mampu membuka mata untuk mulai kembali menguasai maritim dalam melakuakan perkembangannya kedepan. Karena sebenarnya sumber kekuatan dan sumber kehidupan berasal dari maritim.

Para ahli sejarah bangsa Eropa pernah melontarkan pernyataan bahwa sebetulnya nenek moyang bangsa Indonesia adalah mereka yang datang dari Asia Tenggara(Indochina/Yunan) dalam dua gelombang migrasi besar-besaran, yaitu pada 5000 tahunSM dan pada 2000 tahun SM melalui laut dan dalam mengarungi perjalanan tersebutsumber penghidupan mereka sangat tergantung dari laut. Fakta prasejarah Cadas Guayang terdapat di pulau-pulau Muna, Seram dan Arguni yang diperkirakan berasal dari1000 tahun SM dipenuhi dengan lukisan perahu-perahu layar. Juga ditemukan beberapa artefak suku Aborigin di Australia yang diperkirakan berasal dari 2500 tahun SM serupa yang ditemukan di pulau Jawa. Kenyataan ini memberikan indikasi bahwa jauh sebelum gelombang migrasi dari Indochina yang datang ke Indonesia, nenek moyang bangsa-bangsa Nusantara sudah berhubungan dengan suku Aborigin di Australia lewat laut. Peninggalan prasejarah bekas kerajaan Merina yang didirikan oleh perantau dari Nusantara ditemukan juga di Madagaskar, hal ini menunjukkan bahwa nenek moyang penduduk Nusantara pada masa itu telah memiliki teknologi pembuatan perahu bercadik dan perahu layar yang mampu mengarungi samudera dengan medan yang sangat berat. Jejak prasejarah bercirikan istilah maritim juga ditemukan di wilayah rumpun bahasa Austronesia, di mana pengaruh istilah maritim bahasa Nusantara terasa sangat kuat dibandingkan dengan pengaruh rumpun bahasa lainnya. Bertolak dari bukti prasejarah nusantara itu memberikan indikasi bahwa nenek moyang bangsa Nusantara adalah asli pelaut dan pengembara, dan sejak ribuan tahun sebelum Masehi sudah mampu menghadapi gelombang besar melewati samudera Pasifik dan samudera Hindia. Kenyataan sejarah ini memperlihatkan bahwa bangsa nusantara adalah pelaut-pelaut ulung yang jejak kebudayaannya masih dapat diikuti sampai sekarang. Pada zaman Hindu-Budha mulai menyebar kebudayaannya di kepulauan Nusantara, kerajaan-kerajaan di nusantara pun melakukan kegiatan maritim aktif, baik intra insular atau pun ekstra insular, hingga ke India dan Cina. Kepulauan Nusantara waktu itu merupakan wilayah yang kaya dengan komoditas perdagangan, dan geoposisi wilayah nusantara merupakan posisi silang dimana terdapat jaringan komunikasi dan transportasi maritim (misalnya rute Cina -Taruma -India), ditandai dengan ditemukannya artefak Cinadan India di Situs Batu Jaya Karawang. Salah satu kerajaan Budha yang berada dikepulauan nusantara yaitu Kerajaan Sriwijaya berjaya berdasarkan visi kemaritimannya yang menguasai jaringantransportasi dagang, jaringan komoditas dan jaringan pelabuhan terutama di sekitar Selat Malaka. Selain itu pemerintahan maritimnya kuat dan efektif serta tercatat sebagai pemerintahan dengan kekuatan laut yang diperhitungkan. Kebesaran Kerajaan Sriwijaya itu dibuktikan dengan berbagai penemuan prasasti diantaranya adalah Kedukan Bukit (605 C/683 M) di Palembang, Prasasti Talang Tuwo (606 C/684 M) di sebelah barat Palembang, Prasasti Kota Kapur (608 C / 686 M) dibagian barat Pulau Bangka, Prasasti-prasasti Siddhayatra di daerah Palembang.
Benua Maritim Indonesia adalah hasil perjuangan bangsa Indonesia melawan segala pihak yang tidak mau melihat bangsa Indonesia yang merdeka dan bersatu di Kepulauan Nusantara yang merupakan satu keutuhan geografis. Dari sejarah pun kita sudah tidak bisa mengelak lagi bahwa nenek moyang kita adalah orang yang sangat besar kemampuannya dalam kelautannya. Apa pun itu pada dasarnya maritim Nusantara adalah bagian dari system planet bumi yang merupakan satu kesatuan alamiah antara darat, laut, dan udara diatasnya, tertata secara unik, menampilkan cirri – cirri benua dengan karakteristik yang khas dari sudut pandang iklim dan cuaca, keadaan airnya, tatanan kerak bumi, keragaman biota, serta tatanan social budayanya. Sudah sepatutnya pula kita mengembalikan jati diri bangsa ini sebagai negara Maritim yang berkuasa di laut dan berkekuasaan pula di daratan.


Sumber: Sejarah Maritim Indonesia

 




Kemaritiman Indonesia

sumber:

Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia

ide Presiden RI joko widodo untuk membangkitkan kemaritiman indonesia dan menjadi poros martim dunia patut di apresiasi dan wajib di dukung oleh semua pihak. bukan tanpa alasan maritim Indonesia harus bangkit sebab wilayah Indonesia 70 persen wilayah laut dan memiliki wilayah maritim yang strategis dalam perdagangan dan pelayaran laut.

sejarah mencatat bahwa bangsa indonesia merupakan bangsa yang di bangun dari kekuatan maritim. Kita dapat melihat kekuatan kerajaan seperti Sriwijaya dan Majapahit, mereka mampu menguasai kawasan Asia Tenggara . Fakta tersebut tidak terbantahkan hingga kini. Keliru jika bangsa ini tidak belajar dari sejarah untuk kembali menjadi bangsa yang besar dan disegani.

visi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf kala ialah membangun sistem maritim Indonesia yang telah tertinggal. Pasangan ini ingin membangun konektivitas ekonomi antarpulau yang sering kali tidak dikelola dengan baik,  ingin menjadikan maritim sebagai kekuatan untuk mewujudkan keamanan nasional, mewujudkan kemandirian ekonomi dan sumber daya maritim, Jokowi-JK ingin menjadikan maritim sebagai bagian diplomasi politik luar-negeri dan bagian terpenting dalam membangun jati-diri negara,
Keduanya juga memiliki komitmen meningkatkan kesejahteraan nelayan, masyarakat pesisir, serta pulau-pulau kecil di wilayah terluar.

Maritim bukanlah hanya sekedar ikan dan nelayan, banyak aspek yang terlibat dalam maritim. misalnya nya saja luas wilayah laut yang 70 persen dari seluruh wilayah,transportasi laut yang kurang memadai, konektivitas antar pulau di Indonesia kurang memadai, sehingga terjadi ketimpangan pembanguan antar pulau, kedaulatan bangsa, Sumberdaya yang besar, jalur perdagangan dunia, sampai masalah lingkungan itu sendiri.

Kemaritiman Indonesia bisa mengambil peran yang besar sebagai POROS MARITIM DUNIA.
Sumber: berbagai kutipan

6 Nov 2013

peralatan yang diperlukan untuk memperbaiki pompa air (tips)

saat pompa air di rumah mengalami masalah, sebaiknya di coba untuk mereparasi mesin pompa itu sendiri. mungkin masalah pompa air nya sepele dan bisa di service sendiri.
berikut ini alat-alat yang sering digunakan untuk membantu memperbaiki pompa air:
yaitu:
  • solder dan timah, sebagai alat patri untuk menyambung kabel-kabel dan kaki-kaki kapasitor.
  • gunting, digunakan untuk merapihkan lilitan kawat tembaga.
  • palu kayu, digunakan untuk merapihkan lilitan kawat tembaga.
  • palu besi, digunakan untuk pemukul bagian-bagian dalam pompa yang akan dilepaskan.
  • tang kombinasi, digunakan untuk penjepit dan pemotong
  • tang moncong panjang, untuk mengambil komponen kecil dan sulit dijangkau.
  • kunci pas, digunakan untuk membuka baut-baut pengencang.
  • conter(hand shake elektrik wind thread macine), digunakan untuk menggulung dan menghitung lilitan kawat tembaga.
  • multitester, digunakan mengukur besarnya arus listrik
  • trekker, merupakan alat untuk mengukur diameter kawat
dan bahan pendukung lainnya.

ada baiknya tool tersebut dimiliki dan disimpan dengan rapih untuk berjaga-jaga saat mesin pompa atau mesin lainya rusak.

5 Nov 2013

privatisasi pengelolaan sumberdaya air (dampak positif dan negatif)

privatisasi pengelolaan sumberdaya air adalah transfer aset publik ke privat atau kebijakan peningkatan peran privat dalam pengelolaan sumberdaya air.
privatisasi air bagai sebuah pisau bermata dua. disatu sisi dia memiliki damapak positif, tetapi juga memiliki dampak negatif.
Dampak positif dari privatisasi pengelolaan sumberdaya air, adalah:

  • efisiensi dari sisi pengelolaan sumberdaya air
  • peningkatan kualitas air dan kebutuhan air bersih sehari-hari akan terjamin
  • penyediaan modal besar oleh investor membantu pembangunan sarana dan prasarana ekonomi 
  • menjamin askes yang adil dan merata pada sumberdaya air itu sendiri
adapun dampak-dampak negatif dari privatiasi pengelolaan sumberdaya air, yaitu:
  • menutup akses masyarakat kelas bawah akan air bersih
  • tarif air akan menjadi mahal, karena perusahaan menempatkan keuntungan sebagai tujuan utama
  • ketergantungan yang tinggi terhadap investor sehingga menunjukan fenomena monpoli baru
  • investor akan lebih memilih untuk melayani wilayah-wilayah yang menguntungkan, dan mengabaikan wilayah yang tidak ekonomis
  • munculnya fenomena ancaman hilangnya hak-hak hidup masyarakat dalam mengakses air bersih, baik di hulu maupun di hilir.
  • menurut penelitian kelompok ekonomi miskin harus membayar dana lebih besar dibanding kelompok kaya untk memperoleh akses air bersih.
  • ketidakadilan penggunaan air bersih. manusia membutuhkan rata-rata 50 liter air per hari untuk kehidupannya; warga USA rata-rata menggunakan 250-300 liter air per hari sementara warga somalia hanya menggunakan 9 liter per hari
  • kaum kapitalis dan investor  semakin menjerat masyarakat.

masalah dalam pengelolaan sumberdaya air pada skala global

permasalahan sumberdaya air dalam skala global dikategorikan atas 3 permasalahan penting :

dari waktu kewaktu, sumberdaya air bersih makin berkurang akibat pertambahaan populasi dunia. air bersih juga terpolusi oleh kurang lebih 2 juta ton sampah setiap hari. polusi ini muncul dari sektor industri, rumah tangga, pertanian dan lainya. dimana produksi limbah cairnya mencapai 1.500 kilometer kubik. jika satu liter limbah cair mencemari delapan liter air bersih, maka setidaknya 12.000 kilometer kubik terpolusi di seluruh dunia. pengaruh perubahan cuaca dan iklim dunia terhadap sumber air diestimasikan menyebabkan kelangkaan air global hingga 20 persen.
ketiga masalah global tersebut, memicu munculnya krisis air global yang sudah masuk ke tahap genting.
satu dari 4(empat) orang di dunia kekeurangan air minum dan 1 (satu) dari 3(tiga) orang tidak mendapat sarana sanitasi yang baik. bahkan menjelang tahun 2025, sekitar 2.7 miliar orang atau sekitar sepertiga populasi dunia menghadapi kekurangan air dalam tingkat yang lebih parah. diprediksi pada tahun 2050, setidaknya enam miliar manusia akan mengalami kelangkaan air bersih tersebut.

masalah dalam pengelolaan sumberdaya air di Indonesia

beberapa permasalahan yang berkaitan dengan rendahnya pengelolaan sumberdaya air di indonesia antara lain:
  • adanya fragmentasi pengelolaan antar instansi pemerintah republik indonesia dan sulitnya koordinasi antar berbagai instansi dalam emngelola sumberdaya air
  • pengelolaan sumberdaya  air masih terbatas dan berorientasi hanya pada sisi penyediaan semata bukan sisi kebutuhan
  • borosnya pemakaian air untuk pertanian karena rendahnya efisiensi.
  • organisasi pengelolaan sumberdaya air masih tersentarlisasi di pusat walaupun suda otonomi sejak tahun 2000
  • rendahnya partisipasi masyarakatdalam mengeloala sumberdaya air
  • distribusi pelayanan air yang tidak merata, distribusi lebih banyak difokuskan untuk melayani legiatan komersil.
  • polusi air dikota-kota besar di indonesia sehingga sumberdaya air tercemar
  • ketidakmampuan pemerintah untuk memperluas jaringan irigasi bagi keperluan pertanian, singga terjadi penurunan produksi
  • berkurangnya ketersediaan air, baik air bersih maupun air baku akibat alih fungsi lahan.

konservasi sumberdaya air(sistem melingkar((circular system))

dengan meningkatnya tekanan jumlah penduduk terhadap sumberdaya yang terbatas, maka perlu dipikirkan sistem melingkar, bukan garis lurus. kota yang membuang polusinya kesaluran air dan menyebabkan masalah bagi orang lain, tidak bisa diterima lagi. sebliknya , air limbah yang telah diolah seharusnya dianggap sebagai sesuatu sumber bernilai yang bisa dipakai lagi(daur ulang).
kegiatan konservasi air meliputi kegiatan perlindungan dan pelestarian air, pengawetan air serta pengelolan kualitas air dan pengendalian pencemaran air. hal ini termuat dalam uu no. 7 tahun 2004 tentang sumber daya air pada bab 3 pasal 20, 21, dan 23. perlindungan dan pelesatrian sumber air ditujukan untuk melindungi dan melestarikan sumber air beserta lingkungan, keberadaan yang terhadap kerusakan atau gangguan yang disebabkan oleh alam dan tindakan perusakan oleh manusia
kegiatan yang berkatian dengan pelestarian sumberdaya air dan tangkapan melalui:

  • pemeliharaan kelangsungan fungsi resapan air dan daerah tangakapan air
  • pengendalian pemanfaatan sumber air
  • pengisian air pada sumber air
  • pengaturan sarana dan prasarana sanitasi
  • perlindungan sumber air dalam hubungannya dengan kegiatan pembangunan dan pemanfaatnya lahan sumber air
  • pengendaliaan pengelolaan tanah di daerah hulu
  • pengaturan daerah sempadan sumber air
  • rehabilitasi hutan dan lahan
  • pelestarian hutan lindung, kawasan suaka alam dan kawasan pelestarian alam

konservasi sumberdaya air ( ketahanan)

adalah penggunaan teknologi dan sistem yang selalu siap bekerja dengan sumberdaya yang dapat diperoleh dari lingkungan maysarakat yang dilayani, tanpa ketergantungan yang berlebih pada masukan dari luar. sumber daya ini tidak saja keuangan, melainkan juga mengelola sistem dan ketramplian yang diperlukan untuk merawat dan memperbaiki peralatan yang telah dipasang. ketahanan juga berati menggunakan sistem air minum dan sanitasi yang disenangi masyarakat dan juga peduli terhadap partisipasi masyarakat (dalam memilih teknologi yanag akan diterapkan dan dalam menentukan cara mengelolanya, demikian juga dalam perencanaan, konstruksi, manajemen dan operasi, serta pemeliharaan yang tepat).