Pratinjau

12 Nov 2014

Kemaritiman Indonesia

sumber:

Asosiasi Pemuda Maritim Indonesia

ide Presiden RI joko widodo untuk membangkitkan kemaritiman indonesia dan menjadi poros martim dunia patut di apresiasi dan wajib di dukung oleh semua pihak. bukan tanpa alasan maritim Indonesia harus bangkit sebab wilayah Indonesia 70 persen wilayah laut dan memiliki wilayah maritim yang strategis dalam perdagangan dan pelayaran laut.

sejarah mencatat bahwa bangsa indonesia merupakan bangsa yang di bangun dari kekuatan maritim. Kita dapat melihat kekuatan kerajaan seperti Sriwijaya dan Majapahit, mereka mampu menguasai kawasan Asia Tenggara . Fakta tersebut tidak terbantahkan hingga kini. Keliru jika bangsa ini tidak belajar dari sejarah untuk kembali menjadi bangsa yang besar dan disegani.

visi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf kala ialah membangun sistem maritim Indonesia yang telah tertinggal. Pasangan ini ingin membangun konektivitas ekonomi antarpulau yang sering kali tidak dikelola dengan baik,  ingin menjadikan maritim sebagai kekuatan untuk mewujudkan keamanan nasional, mewujudkan kemandirian ekonomi dan sumber daya maritim, Jokowi-JK ingin menjadikan maritim sebagai bagian diplomasi politik luar-negeri dan bagian terpenting dalam membangun jati-diri negara,
Keduanya juga memiliki komitmen meningkatkan kesejahteraan nelayan, masyarakat pesisir, serta pulau-pulau kecil di wilayah terluar.

Maritim bukanlah hanya sekedar ikan dan nelayan, banyak aspek yang terlibat dalam maritim. misalnya nya saja luas wilayah laut yang 70 persen dari seluruh wilayah,transportasi laut yang kurang memadai, konektivitas antar pulau di Indonesia kurang memadai, sehingga terjadi ketimpangan pembanguan antar pulau, kedaulatan bangsa, Sumberdaya yang besar, jalur perdagangan dunia, sampai masalah lingkungan itu sendiri.

Kemaritiman Indonesia bisa mengambil peran yang besar sebagai POROS MARITIM DUNIA.
Sumber: berbagai kutipan

No comments :