Pratinjau

6 Dec 2012

Semangat Gotong Royong demi Setetes Air (inspirasi)


Di seluruh dunia, hampir 800 juta orang tidak memperoleh akses air bersih, dan 2,5 miliar penduduk tidak punya fasilitas sanitasi.

Sekitar 1.000 karyawan HSBC Indonesia dan keluarga beserta warga Teluk Naga, Tangerang, Banten, melakukan jalan sehat "Walk for Water" di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Minggu (11/11). Aksi tersebut menandai dimulainya program yang dinamai Gentong Desa (Gerakan Gotong Royong Demi Setetes Air), kerja sama antara HSBC Indonesia dengan Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU (Pos Keadilan Peduli Umat).

Chief Risk Officer HSBC Indonesia Chris J. K. Murray menyampaikan, sekitar 150 kepala keluarga akan menerima manfaat program Gentong Desa ini. "Kami senang dapat bergandengan tangan, dan bersama-sama masyarakat Teluk Naga pula, berupaya untuk mengatasi persoalan air bersih dan sanitasi," kata Chris usai acara jalan sehat.

Menurut Maya Rizano, Head of Communications and Corporate Sustainability HSBC Indonesia, program Gentong Desa memang menekankan pada partisipasi masyarakat setempat. Diperlukan kegotongroyongan dalam membangun, menjaga, dan merawat fasilitas seperti pompa, gentong raksasa sebagai penyimpanan air, serta sarana MCK.

Di seluruh dunia, hampir 800 juta orang tidak memperoleh akses air bersih, dan kurang lebih 2,5 miliar penduduk tidak memiliki fasilitas sanitasi. Dan dengan tren demografis yang semakin meningkat ini serta dampak dari perubahan iklim yang juga semakin tajam, maka pengelolaan air menjadi persoalan krusial global.
(Gloria Samantha)


national geografic

No comments :