Pratinjau

25 Jun 2012

solusi air rumah tangga pada musim kemarau (solusi)


pada musim kemarau saat ini pada umumnya ketersediaan air bersih rumah tangga menipis karena stok air tanah ikut menipis. kadang bahkan kering dikarenakan proses sirkulasi air tidak berjalan.
google image
 
hal ini dikarenakan kedalaman air tanah hanya sekitar 10m-40m di dalam tanah yang artinya merupakan air tanah atas.
yang ciri-cirinya ialah:

  • Terpengaruh kondisi tanah(tercemar/tidak)
  • mengikuti sirkulasi cuaca/musim
  • pada umumnya sudah keruh dan tercemar
sumber:watercycleprint

ada solusi yang bisa dilakukan untuk menjaga ketersediaan air bersih rumah tangga pada musim kemarau yaitu:

memanfaatkan air tanah dalam(artesis) yang memiliki ketersediaan air cukup yang tidak dipengaruhi oleh musim kemarau, sehingga pada musim kemarau panjang sekalipun ketersediaan air tanah tetap terjaga.

lapisan artesis pada umumnya berada pada kedalaman 60m yang melawati lapisan kedap air, dan mengalami beberapa kali penyaringan alami sehingga air menjadi murni.

Lubang resapan biopori adalah metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. mampu berfungsi sebagai cadangan air pada musim kemarau. Metode ini dicetuskan oleh Dr. Kamir R Brata, salah satu peneliti dari Institut Pertanian Bogor.

Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Teknologi sederhana ini kemudian disebut dengan nama biopori.

memasang conblok yang berongga juga mungkin bisa salah satu solusi agar air bisa meresap kedalam tanah saat hujan sehingga tidak terbuang percuma menuju selokan. karena dengan menggunakan conblok tanah memiliki nafas atau rongga untuk meresap air. beda hal nya dengan halaman yang sepenuhnya di cor atau di pasangi keramik.

No comments :