Pratinjau

8 Mar 2011

Sirkulasi Hidrologi(info)

Image: google picture
Air memiliki sirklus yang selalu berputar setiap saat. pada awalnya air yang tertampung dalam danau, laut, rawa, sungai dan sebagainya mengalami penguapan atau evaporation dan tumbuhan mengalami transpiration (penguapan oleh tumbuhan) dengan bantuan sinar matahari, lalu uap-uap air tersebut membentuk awan hujan yang akan turun kembali kebumi, yang sebagian mengalir diatas permukan tanah seperti membentuk sungai, danau, rawa, dan sebagainya. dan sebagian lagi meresap kedalam pori-pori tanah, dan membentuk ground water(air tanah), yang akan terus bergerak berdasarkan sifat-sifat dasar air.


Ground water adalah air yang terjebak dalam tanah yang memiliki sifat bergerak keatas maupun kebawah(vertikal), maupun kesamping(horizontal). air dalam tanah juga memiliki komposisi yang berbeda-beda. secara garis besar adalah  air tanah dangkal dan air tanah dalam.
image: google picture
penampang tanah (soil) yang terbagi antara unsaturated zone(daerah tak jenuh) dan saturated zone( daerah jenuh)
dalam daerah jenuh terdapat air yang terjebak dalam pori-pori tanah. daerah ini ialah sering dimanfaatkan masyarakat untuk memperoleh air baku dengan cara membuat sumur. kedalaman tanah untuk memperoleh air bersih juga berbeda-beda di tiap-tiap daerah. umumnya air baku yang diperoleh dari dalam tanah memiliki kualitas yang baik dibandingkan dengan air permukaan seperti sungai, danau dan rawa yang saat ini sudah sering tercemar.
saat ini pemanfaatan air tanah semakin banyak dilakukan oleh masyarakat, sekiranya masyarakat dengan sangat bijaksana dalam penggunaan sumber air yang terbatas ini sehingga tidak merusak siklus hidrologi dan yang pada akhirnya berdampak pada kerusakan lingkungan. penggunaan air tanah yang secara bijak dan menjaga lingkungan (sirkulasi hidrologi) serta menciptakan daerah resapan air dalam lingkungan sekitar dapat turut membantu menjaga kelangsungan air tanah.
diperoleh dari berbagai sumber.

No comments :