Pratinjau

22 Mar 2011

Jenis-jenis air berdasarkan kualitas, kuantitas dan mineral


Secara kualitas, kuantitas, dan mineral yang terkandung, air tanah digolongkan menjadi tiga, yaitu air tanah dangkal, air tanah dalam dan mata air.

a. Air tanah dangkal

air tanah dangkal terdapat pada kedalaman 15 m dibawah permukaan tanah. jumlah air yang terkandung pada kedalaman ini hanya cukup untuk keperluan rumah tangga. secara fisik air tanah dangkal terlihat jernih dan tidak berwarna, karena telah mengalami proses filtrasi oleh lapisan tanah. kualitas air tanah dangkal cukup baik. namun, kuantitas air tanah dangkal dipengaruhi oleh musim. pada saat musim hujan, air akan melimpah. pada saat musim kemarau, jumlah air tanah dangkal sangat terbatas, bahkan kering.

b. Air tanah dalam

proses pengeboran air tanah dalam

air tanah dalam terdapat pada kedalaman 60-300m dibawah permukaan tanah. air tanah dalam sangat jernih dan sangat baik digunakan sebagai air minum karena telah mengalami proses penyaringan berulang-ulang oleh lapisan tanah. air tanah dalam memiliki kualitas yang lebih baik daripada air tanah dangkal. hal ini disebabkan karena proses filtrasi air tanah dalam lebih panjang, lama, dan lebih sempurna dibandingkan dengan air tanah dangkal. secara kuantitas , air tanah dakam cukup besar dan tidak dipengaruhi oleh musim, sehingga air tanah dalam cocok digunakan untuk kepentingan dalam jangka waktu yang lama.

c. Mata air

Mata air adalah air tanah yang keluar dari permukaan tanah. pada umumnya terdapat pada lereng gunung berupa rembesan. mata air jenis ini sering disebut mata air "rembesan". ada juga mata air yang keluar diderah dataran rendah yang biasa disebut mata air "umbul". mata air memiliki kualitas yang hampir sama dengan kualitas air tanah dalam dan sangat baik untuk dikonsumsi. kuantitas air tanah yang dihasilkan oleh mata air cukup banyak dan tidak dipengaruhi oleh musim sehingga dapat digunakan untuk kepentingan jangka waktu yang lama.

No comments :